Kenali Lebih Lanjut Penyakit Tipes !



Tipes merupakan salah satu penyakit yang muncul dari kuliner yang tidak bersih dan tercemar basil Salmonella typhi . Cara mencegah penyakit ini bergantung pada kuliner yang Anda konsumsi sehari-hari apakah bersih atau tidak. 


Pada ketika daya tahan badan Anda kurang optimal, basil tersebut akan lebih gampang masuk badan dan sanggup menjadi penyebab Anda terkena tipes. Uniknya, sekali basil itu masuk dalam badan penderita penyakit tipes, basil itu tinggal dalam usus selama bertahun-tahun walau penderita sudah sembuh. Begitu daya tahan badan menurun, basil itu berpotensi menyerang kembali.


Gejala penyakit ini yaitu pertama, penderita akan mengalami demam yang umumnya terjadi di sore hari. Suhu demam sanggup meningkat dan berlangsung seminggu. 

Demam ini sanggup disertai dengan rasa mual, sakit kepala, nyeri pada perut, diare, atau susah BAB. Untuk menegakkan diagnosis seseorang menderita tipes atau penyakit lain dengan tanda-tanda serupa, ibarat DBD, satu cara yang paling sempurna yaitu dengan cek darah. Biasanya, dokter akan menganjurkannya jikalau seseorang mengalami demam selama tiga hari berturut-turut.

Jika penyakit tipes tidak ditangani dengan baik, akan menyebabkan komplikasi pada usus, ibarat terjadinya perdarahan usus atau perforasi. Jika ini terjadi, tanda-tanda yang biasanya ditemukan yaitu sakit perut hebat, tekanan darah menurun, dan terdapat darah pada tinja. Komplikasi lain yang sanggup terjadi yaitu radang kadung empedu, paru-paru, jantung, radang selaput otak, sampai gangguan kesadaran.


Penanganan yang biasa dilakukan bagi penderita tipes yaitu dengan terapi antibiotik. Selain itu, penderita tipes sangat tidak dianjurkan untuk beraktivitas berat, bahkan dianjurkan untuk bedrest. Selama perawatan, Anda juga diwajibkan makan teratur dengan kandungan gizi cukup dan berupa kuliner yang gampang dicerna. Hindari kuliner yang terlalu merangsang pencernaan, ibarat asam dan pedas. Pengobatan lainnya diubahsuaikan dengan tanda-tanda yang menyertai, ibarat demam, sakit kepala, atau diare.

Karena penyebab utama tipes yaitu kondisi kebersihan makanan, minuman, dan lingkungan sekitar, maka cara pencegahan yang paling gampang yaitu menjaga kebersihan diri. Satu cara yang paling efektif yaitu membiasakan untuk mencuci tangan sebelum makan dengan sabun antiseptik di bawah air mengalir. 

Hindari juga mengonsumsi kuliner atau minuman yang tidak higienis, semisal kuliner yang terdapat di pinggir jalan atau minuman dengan es watu yang tidak terperinci dibentuk dari air mentah atau matang. 

Jika ingin mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, pastikan untuk mencucinya terlebih dahulu. Anda juga sanggup melaksanakan vaksinasi tipus untuk mencegah terjangkit penyakit tipes di kemudian hari. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, berolahragalah secara teratur dan menjaga asupan gizi secara seimbang.