Menikmati Pesona Keindahan Dari Gua Jatijajar Yang Tidak Kalah Dari Keindahan Gua Gong


Saat ini sudah makin banyak gua dengan atraksi menarik. Salah satunya Gua Jatijajar di Kebumen yang memperlihatkan diorama Lutung Kasarung. 

Gua Jatijajar ialah salah satu situs geologi di Kabupaten Kebumen yang terbentuk dari proses yang alami. Gua ini terbentuk dari batuan kapur, mempunyai panjang kurang lebih 200 meter lebih dari pintu masuk hingga keluar. 


Sejarah menyebutkan bahwa pada awalnya Gua ini ditemukan oleh seorang petani yang berjulukan Jayamenawi yang secara tidak sengaja jatuh ke lubang ketika sedang mengambil rumput untuk masakan ternak. Ternyata lubang tersebut berada di langit-langit gua ini. Beliau pribadi melapor ke penguasa setempat. 

Pejabat setempat mengecek keberadaan gua tersebut dan menjumpai dua pohon jati yang tumbuh sejajar di tepi verbal gua. Dari kisah tersebutlah penamaan Gua Jatijajar.

Yang unik dari gua ini ialah terdapat diorama yang dipasang di dalam gua yang menceritakan wacana kisah "Lutung Kasarung". Berjumlah sebanyak 8 diorama, diperankan oleh 32 patung yang tersebar dari pintu masuk hingga keluar. 

Di dalam gua pun sudah ditata sedemikian rupa dengan jalan yang diblok, tangga dan bahkan ada lampu yang dipakai sebagai penerangan. Meskipun begitu tetap tidak mengurangi keaslian suasana guanya sendiri.


Selain diorama ini yang menarik ialah adanya sungai bawah tanah yang mengalir di gua atau biasa disebut sendang. Total ada tujuh tapi yang sanggup dijangkau hanya ada empat sendang, yakni Sendang Puser bumi, Jombor, kanthil dan mawar. 

Yang paling sering dikunjungi ialah sendang mawar dan kanthil. Konon apabila kita mencuci muka di sana maka segala impian akan tercapai dan baka muda.


Untuk mencapai kawasan wisata Gua Jatijajar ini tidaklah sulit sebab berdekatan dengan objek wisata lain menyerupai waduk sempor dan lainnya. Pada ketika masuk ke kompleknya kita akan mendapati ikon kawasan wisatanya yakni patung dinosaurus besar yang menegeluarkan air dari mulutnya. 

Selain itu, anak Anda sanggup mandi di bak air alami dengan bola berwarna-warni atau bermain di kawasan permainan anak akrab gua. Tiket masuk yang murah, kemudahan yang memadai dan lokasi yang strategis inilah yang membuatnya menjadi wisata favorit keluarga disana. Kaprikornus tunggu apalagi, yuk berkunjung ke sana!