Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Membeli Mobil Second Murah Agar Tidak Menyesal Dikemudian Hari


Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Membeli Mobil Second Murah Agar Tidak Menyesal Dikemudian Hari

Sudah menjadi hal umum bahwa harga mobil baru akan terus mengalami peningkatan seiring berjalannya waktu, di tambah nominal pajak yang dibebankan juga terbilang tinggi membuat sebagian orang harus mengurungkan niat untuk memiliki mobil impian. Akan tetapi, kebutuhan mobilitas harian seperti kendaraan yang sudah seperti hal wajib menuntut Anda untuk memiliki kendaraan pribadi. Oleh sebab itu, membeli mobil second murah  dapat menjadi solusi bagi Anda yang mempunyai budget minim.

Membeli mobil bekas tidak bisa Anda lakukan dengan asal pilih atau sembarangan, karena ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan Anda mengalami kerugian jika sampai salah pilih. Umumnya mobil bekas memang memiliki minus atau kekurangan, akan tetapi, jika Anda beruntung bukan hal mustahil untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas dengan harga yang terjangkau. Selain itu, Anda sebaiknya juga menghindari 5 kesalahan berikut ini yang sering dilakukan pada saat membeli mobil second murah agar tidak rugi dan justru menyesal di kemudian hari, antara lain:

  1. Tidak menanyakan asal usul mobil.
Ada banyak kondisi yang harus Anda antisipasi, seperti jika sebelumnya mobil pernah mengalami insiden tabrakan hebat, terkena banjir, bekas tarikan pihak leasing maupun pernah jadi mobil sewaan.

  1. Tidak memahami kondisi mesin.
Performa mesin merupakan prioritas utama jika Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas, agar tidak kecewa dan justru harus mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan perbaikan mesin, maka sebaiknya ajaklah kerabat atau teman yang mengerti mengenai kondisi mesin mobil.

  1. Menyepelekan catatan servis mobil.
Umumnya performa mobil akan tetap terjaga kualitasnya jika pemilik melakukan servis secara rutin. Untuk itu, memeriksa catatan servis mobil sebelum Anda melakukan kesepakatan transaksi adalah hal penting yang tidak boleh terlewatkan.

  1. Kurang teliti saat test drive.
Setelah semua langkah sebelumnya dapat Anda lakukan dengan baik, maka kesalahan berikutnya yang tidak boleh Anda lakukan adalah uji coba kendaraan atau test drive terburu-buru. Anda baru bisa mengetahui performa mesin yang sebenarnya pada saat melakukan test drive. Untuk itu, lakukan uji coba kendaraan dengan teliti.

  1. Lakukan survey.
Jika Anda akan membeli unit mobil bekas di showroom, maka sebaiknya lakukan survey dan bandingkan antara mobil satu dengan lainnya, kemudian pilih mobil yang memiliki fitur sesuai kriteria Anda, namun tetap sesuaikan dengan jumlah budget yang Anda miliki.

Salah satu hal penting yang tidak boleh sampai terlewat pada saat Anda membeli mobil bekas adalah meminta surat kendaraan dan dokumen lengkap. Pastikan nomor seri yang terdapat pada dokumen cocok dengan nomor pada rangka kendaraan. Bahkan, jika diperlukan tidak ada salahnya Anda mengecek keaslian surat kendaraan tersebut ke kantor Samsat terdekat. Transaksi dengan jumlah uang yang tidak sedikit biasanya akan sangat rawan terjadi penipuan maupun kecurangan. Oleh sebab itu, Anda harus waspada dan teliti dalam melakukan berbagai kesepakatan agar transaksi tetap dapat berjalan lancar sesuai keinginan.

Demikian ulasan mengenai 5 kesalahan umum yang harus Anda hindari saat akan membeli mobil second murah agar tidak terjadi kerugian dan justru menyesal saat sudah melakukan transaksi. Meskipun unit mobil bekas yang akan Anda beli di tawarkan dengan harga miring, namun Anda sebaiknya tidak langsung tergiur dan menyetujui kesepakatan sebelum melakukan pengecekan secara langsung untuk menghindari berbagai hal buruk yang mungkin terjadi.