Jangan Diabaikan, Kenali Gejala Penyakit Lupus Sedini Mungkin


Jangan Diabaikan, Kenali Gejala Penyakit Lupus Sedini Mungkin
Lupus atau Systemic Lupus Erythematosus merupakan penyakit autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan dalam tubuh itu sendiri. Lupus dianggap sebagai penyakit yang membunuh secara perlahan, karena gejala penyakit lupus yang mirip dengan penyakit ringan lain. Jika sekiranya gejala berikut ini Anda alami secara bersamaan, maka segera periksakan diri ke dokter.
1.   Kelelahan
Hampir 90 persen penderita lupus menderita kelelahan, tanpa alasan yang jelas. Level lelah yang dirasakan berbeda-beda, ada yang ringan namun juga ada yang terasa sangat lelah sekali. Rasa lelah yang terasa, tentu akan membuat Anda kesulitan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Segera periksakan diri ke dokter, jika lelah yang Anda rasakan timbul tanpa penyebab yang jelas. 
2.   Demam
Demam tanpa ada penyebabnya merupakan salah satu gejala awal dari penyakit lupus. Saat penderita lupus mengalami demam, suhu tubuhnya akan mencapai 36.9 celsius hingga 38.3 celsius. Biasanya karena suhunya tak terlalu tinggi, banyak yang mengabaikan demam ini. Demam yang diderita penderita lupus pun memiliki siklusnya sendiri, suhu tubuhnya bisa naik dan turun secara tiba-tiba.   
3.   Kerontokan Rambut
Rambut yang rontok juga merupakan salah satu gejala awal dari penyakit lupus. Rontoknya rambut disebabkan karena peradangan yang terjadi pada kulit dan juga kulit kepala. Kebanyakan penderita lupus kehilangan rambutnya dalam jumlah yang banyak, bisa mencapai 100 rambut setiap harinya. Tak jarang, rambut di bagian lain seperti kumis, jenggot, dan alis pun ikut serta menipis. 
4.   Ruam Kemerahan
Salah satu gejala penyakit lupus yang paling terlihat kentara adalah munculnya ruam kemerahan di permukaan kulit. Ruam yang muncul memiliki bentuk yang unik, menyerupai sayap kupu-kupu, sehingga sering disebut sebagai butterfly-shaped rash. Ruam ini umumnya muncul di kedua belah pipi. Ruam terutama sekali muncul setelah penderita lupus terkena paparan langsung sinar matahari.
5.   Gangguan Pernapasan
Nyeri pada dada disertai dengan napas yang terasa sesak, padahal Anda tak memiliki riwayat penyakit asma, merupakan gejala lupus lainnya. Gangguan pernapasan ini terjadi karena penyakit lupus telah menyebabkan paru-paru mengalami peradangan. Selain paru-paru, peradangan pun juga menyerang diafragma. Lupus yang menyerang juga dapat mengakibatkan ukuran paru-paru mengecil.
6.   Mulut dan Mata Kering
Penyakit lupus yang diderita juga dapat menyebabkan kondisi mulut dan mata menjadi kering. Kondisi ini terjadi karena sebagian penderita lupus, berpotensi mengidap sindrom Sjogren. Sindrom ini membuat kelenjar air mata dan saliva tak bisa berfungsi dengan baik. Akibatnya, produksi air mata dan saliva berkurang, sehingga mulut dan mata menjadi kering.
Itulah tadi 6 gejala penyakit lupus yang kerap dialami di awal penderita terjangkiti penyakit ini. Walau gejala awalnya terbilang ringan sehingga kerap diabaikan, baiknya Anda langsung periksakan diri ke dokter jika gejalanya tersebut datang secara bersamaan. Penanganan yang cepat bisa mengurangi semakin parahnya risiko peradangan pada organ dalam tubuh Anda.