Jerman Unggul Atas Ukraina (2-0) Pada Matchday Grup C Euro 2016

                  

                   

Mendapat perlawanan sengit, Jerman berhasil menuai tiga poin dengan mengalahkan Ukraina 2-0 di matchday pertama Grup C Euro 2016, Senin (13/6) dini hari WIB. Kemenangan ini membawa Tim Panser ke puncak klasemen, unggul jumlah gol dari Polandia di bawahnya.


Jerman mendominasi secara keseluruhan pertandingan berkat lini tengah yang superior. Namun bukan berarti Ukraina tak memperlihatkan perlawanan berarti.

Salah saru kesalahan Ukraina ialah terlalu memberi ruang untuk gelandang-gelandang Jerman dalam memperlihatkan umpan menusuk ke kotak penalti, karenanya mereka harus berkali-kali menahan serangan berbahaya Jerman.


Agak kewalahan Ukraina menahan serangan Jerman yang bertubi-tubi, tetapi tim Panzer juga kesulitan mencetak gol, lini depan Jerman kerap membuang kesempatan. Namun, di menit 19 Jerman berhasil mencetak gol lewat sundulan Mustafi yang memanfaatkan tendangan bebas Kroos.


Setelah gol ini Ukraina mulai lebih ulet menyerang dan coba menekan Jerman. Peluang paling baik mereka tiba pada menit 38 saat Yarmolenko mengirim umpan kepada Konoplyanka di tiang jauh. Namun, bola yang sudah melewati Neuer itu sanggup diselamatkan Boateng sebelum melewati garis gawang.

Sebelumnya, Ukraina juga menerima peluang emas dari sepak pojok. Tandukan keras Kacheridi mengarah sempurna ke gawang, namun respon Neuer sangat baik dan berhasil menepis bola.


Setelah dua peluang emas tersebut, Ukraina kembali menciptakan stadion bersorak sorai alasannya berhasil memasukkan bola ke gawang Neuer. Umpan Konoplyanka ke Fedetskiy menciptakan bola sedikit liar di depan kotak penalti dan Fedetskiy yang menerima bola pribadi menendangnya ke gawang. Namun, gol dianulir wasit alasannya Fedetskiy terlebih dahulu terjebak offside.

Di babak kedua masih sama, Jerman masih saja mendikte permainan, mereka unggul di lini tengah, tetapi tetap saja masih kesulitan dalam melaksanakan finishing. Beberapa kali ancaman tiba dari lini tegah menyerupai Khedira dan Kroos alasannya ketajaman Gotze memang masih kurang di sini.